Minggu, 14 Juni 2009

T A N K


M - 1A1 Abrams
Tank yang paling banyak muncul pada film perang modern. Tank buatan AS ini dilabeli tank terbaik di dunia. Punya kaliber kanon 120 mm, mesin jet dan dibalut jaket baja komposit merupakan keunggulan yang ditawarkan. Abram menggunakan teknologi smooth bore pada meriamnya. Artinya bagian dalam larasnya tidak berulir alias halus mulus. Mesin jet yang digunakan adalah buatan Lencoming Lextron. Dengan modal mesin jet ini Abrams dapat melaju hingga kecepatan 72 km/jam di jalan aspal mulus. Selain kencang, mesin model begini dapat diisi bahan bakar apa saja. Mulai dari Avtur, Bensin, Solar ataupun Methanol. Hanyasaja mesin ini tergolong boros BBM. Hanya untuk menghidupkan mesinnya saja butuh bahan bakar sebanyak 41 liter.



Merkava
Tank Israel ini jika dibahasa Indonesiakan artinya kereta perang. Merkava pertama kali muncul pada tahun 1979 sekaligus memulai era MBT (main battle tank) modern. Mesin Merkava ada di depan sehingga keaman awak lebih terjaga jika dihantam meriam musuh dari depan. Tetapi karena mesin ada di depan, tenaga merkava tergolong payah. Di jalan mulus ia hanya bisa melaju dengan kecepatan 48 km/jam saja. Meriamnya juga tergolong payah karena hanya mengusung kaliber 105 mm.



Leopard 2
MBT asli rancangan dan buatan Jerman. Lain dengan AS, leopard menggunakan mesin diesel. Hal ini dikarenakan fakta bahwa mesin diesel lebih irit daripada mesin jet meskipun suaranya lebih bising, kecepatannya lebih rendah dan asap dari knalpotnya masih menghitam meskipun tipis. Soal body armor jangan ditanya. Baja komposit sudah menjadi bawaan standarnya. Meriam utamanya memakai kaliber 120 mm dengan teknologi smooth bore.



T - 90
Merupakan tank Rusia tandingan M1-A1 Abram dari AS. Tank ini terkecil di kelas MBT. Ukuran yang kecil membuatnya lebih lincah dalam bermanuver. Tetapi meskipun kecil ia mengusung meriam yang berkaliber lebih berat dibandingjan rivalnya dari NATO. Ia menggunakan meriam kaliber 125 mm dan berteknologi smooth bore. Lapisan baja komposit juga dipasangkan di permukaan bodi kekarnya. Untuk urusan mesin Rusia lebih memilih mesin advanced diesel daripada mesin jet. Sebenarnya mesin jet sudah diterapkan pada generasi sebelum T - 90 yaitu T - 85. Tetapi borosnya minta ampun. Maka dari itu mesin advanced diesel dipilih.



Challenger 2
Tank Inggris ini berukuran lebih besar dari kawan - kawannya sesama MBT. Urusan meriam, Inggris lebih memilih teknologi Rifled (berulir bagian dalam larasnya) daripada smooth bore. Hal ini diyakini Inggris lebih baik karena akurasi dapat terjaga tanpa sistem komputer yang rumit. Tetapi pada perang teluk 1 tahun 1989 tank ini sempat mempermalukan nama pasukan tank negara koalisi. Ternya sistem pasokan udara untuk mesin Challenger tergolong payah sehingga mesin sering batuk - batuk tatkala diajak menerjang badai pasir yang biasa terjadi di Iraq.



Leclerc
Tank tercantik. Gelar ini yang disematkan oleh negara - negara NATO pada tank buatan Prancis ini. Maklum saja, desainnya memang anggun dan halus. Tidak berebentuk kotak - kotak kekar seperti kawan - kawannya. Lapisan baja komposit, sistem penjejak dengan bantuan GPS, meriam smooth bore kaliber 120 mm dan mesin advanced diesel merupakan kemampuan yang ditawarkan pabrikan.

1 komentar: