Senin, 08 Juni 2009

SENAPAN SERBU


SA - 80
Senapan ini diciptakan Inggris atas dasar gengsi. Inggris ingin punya senapan trademark sendiri. Rancangan, produksi dan digunakan dalam negeri sendiri. Tetapi memang jalan tak selamanya tak terjal. Pada awal kemunculannya senapan ini banyak mengidap penyakit parah dan konyol. Contohnya saja : Magasen yang sering terlepas sendiri, bagian karet yang mudah melepuh setelah tembakan ke- 15 dan pelat baja receiver yang kelewat tipis sehingga mudah penyok jika terbentur.

IMI Galil
Senapan asli desain dan bikinan Israel. Senapan perpaduan blok barat dan blok timur. Mungkin kata ini yang cocok untuk menggambarkan senapan ini. Lihat saja, menggunakan kaliber 5,56 x 45 mm NATO ala M-16 tetapi berteknologi jeroan AK - 47 dari Rusia. Galil punya kelebihan : rate off fire-nya tinggi tetapi dengan hentakan yang halus dan akurasi yang terjaga. Hal ini disebabkan twist of barrel yang diterapkan tergolong tinggi. Yaitu 1 : 7. Artinya peluru akan berputar sekali setelah melalui perjalanan di dalam laras sejauh 7 inci.

AK - 47
Senapan serbu terbaik di dunia. Begitu kata banyak AB dunia. Harga murah, andal di lapangan, punya daya hantam mengerikan. Mungkin itu sebabnya AK - 47 mendapat julukan itu. Dengan modal peluru kaliber 7,62 x 39 mm warsawa AK -47 dapat menembus balok kayu setebal 16 inci dengan mudah. Mekanisme tembakannya juga bagus karena dapat terus ditembakkan meski ruang mekanisme penuh dengan lumpur, pasir, tanah ataupun air. Kelemahannya yaitu tembakan AK -47 hanya akurat sampai jarak 300 meter saja. AK - 47 juga terlalu berat dijinjing infanteri. Berat dengan peluru penuh saja mencapai 4,5 Kg. Itu belum termasuk magasen cadangan.

GIAT FAMAS G-2
Diciptakan Paul Tellie pada tahun 1964. FAMAS diperuntukkan kepada pasukan penakluk gunung AD Prancis. FAMAS punya kelebihan yaitu : catridge ejectornya dapat dirubah dari kiri ke kanan atau sebaliknya kurang dari 10 detik di tangan orang terlatih. Hentakannya juga halus dan akurasi tembakannya pun tergolong jempolan pada mode tembakan tunggal. Tapi anehnya FAMAS tidak begitu sukses di pasaran di luar Prancis.


COLT M16-A2
Senapan yang diciptakan untuk menggantikan M16-A1 di jajaran AB AS pada masa perang teluk I tahun 1989. Punya kapasitas magasen 30 butir peluru dan jarak tembak efektif mencapai 600 meter serta ringan merupakan kelebihan yang ditawarkan. M16-A2 menjadi penyempurna kakaknya karena dalam tubuhnya kini dipasang perangkat dust cover dan pendorong bolt secara manual jika bolt macet karena kemasukan kotoran. Penambahan ini penting mengingat keluarga M-16 mengidap penyakit kronis yaitu mudah sekali macet jika kotor.

STEYR - AUG
Senapan berkonsep Bullpup terbaik di dunia. Kabarnya predikat ini melekat pada senapan buatan Swiss ini. Punya akurasi tinggi hingga jarak 750 meter (untuk versi laras panjang) merupakan salah satu keunggulannya. Senapan ini banyak diadopsi oleh AB dunia seperti Australia, Kanada, Arab Saudi dan Indonesia. Yang unik dari senapan ini adalah magasen yang bening dan terbuat dari karet sintesis. Dibuat bening agar penembak bisa mengetahui sisa peluru dalam magasen.


H&K G-36
Senapan terbaru buatan Jerman. Sebagai senapan yang bukan berkonsep Bullpup, senapan ini cukup jarang menderita macet saat kotor. Itu tandanya senapan ini andal saat dibawa misi ke daerah manapun di bumi ini. Punya kapasitas 30 peluru dan memiliki kemampuan popor lipat menjadikan senapan ini cocok untuk pasukan khusus. Tercatat semua pasukan khusus Jerman baik itu militer ataupun kepolisian memakainya. Contohnya pasukan khusus polisi Jerman GSG-9 dan pasukan khusus AD Jerman KSK.

5 komentar:

  1. uooppooo... ikiii... gede2 tulisane...

    pink pisan background e...whahaha sep sep sep

    i love peace not war...^^

    BalasHapus
  2. Ehemmm..
    pinky army niyy...

    BalasHapus
  3. mana SS pindad kebanggaan kita ?

    BalasHapus
  4. kalau bli senjata kayak gitu, beli'a dmana sih and harga'a berapa........

    BalasHapus
  5. yg palsu............

    BalasHapus