Senin, 08 Juni 2009

mind mapping

Tidak mudah menjelaskan konsep “mind mapping” lewat kata-kata. Saya akan mencoba menulis dengan lebih menekankan pada konsep dan bukan teknik “mind mapping”. Pertama, arti harfiah “mind mapping” adalah “pemetaan pikiran”. Ini berarti bahwa apa yang ada di dalam pikiran kita dicoba dipetakan, yang cara pemetaannya menggunakan kata dan gambar. Kata menyimbolkan aktivitas otak belahan kiri dan gambar menyimbolkan aktivitas otak belahan kanan. Kata yang digunakan pun harus tak lebih dari dua kata dan jika bisa haya satu kata. Sementara itu, gambar yang dimunculkan tidak harus bagus. Gambar ini bisa berupa ikon, penanda, atau sekadar bentuk lingkaran atau segitiga.

Kedua, jika dikaitkan dengan kegiatan menulis, “mind mapping” ini sangat berguna untuk membuka pikiran kita secara sangat-sangat bebas dan spontan. Tulisan yang bagus, salah satu cirinya, adalah kaya akan ide. Nah, “mind mapping” ini dapat membuat diri kita tiba-tiba memunculkan ide atau, jika sudah punya ide, “mind mapping” dapat membantu untuk mengembangkan dan memperkaya ide.

Ketiga, meski ini tidak mudah dikomunikasikan, “mind mapping” ini dapat menjadi pengganti “outlining” (pembuatan kerangka tulisan/outline) yang hanya memanfaatkan otak belahan kiri. Anda tidak harus membuang “outlining” ketika ingin belajar “mind mapping”. Anda dapat mempertahankan outline tulisan Anda, dan setelah itu coba outline Anda itu Anda kembangkan dengan menggunakan “mind mapping”. Hasilnya akan dahsyat!

Ketika saya menerapkan “mind mapping”, saya memetik beberapa manfaat berikut. Pertama, saya bisa melatih kegiatan otak belahan kiri dan kanan secara sadar. Kedua, saya menjadi lebih bebas dan hampir-hampir tak terbatas dalam mengeksplorasi apa yang tersimpan dalam diri saya. Ketiga, berbeda dengan “outlining”, “mind mapping” memudahkan saya untuk mencari kaitan antara satu materi atau ide dengan materi atau ide lain.

Sungguh sangat menarik mencari ide dengan mind mapping ini...
terimakasih dosen kreatinitasku (baca : Bu Ellya & Pak Joko) yang telah mengenalkanku dengan cara ini...

Selamat mencoba dan memetik manfaat dari “mind mapping”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar