Minggu, 14 Juni 2009

SENAPAN MESIN RINGAN


FN minimi
Senapan mesin ringan ini merupakan senapan mesin dengan populasi terbanyak di seantero negara - negara NATO. Menjadi favorit karena banyak varian dan perangkat modifikasi yang disodorkan pabrikan. Mulai dari minimi untuk infanteri reguler yang berlaras panjang dan berpopor pejal, minimi berpopor lipat hingga model popor slide dan berlaras super pendek untuk pasukan payung tersedia. Minimi tidak diciptakan untuk tembakan yang presisi tetapi hanya sebagai elemen pendukung untuk menghujani posisi musuh dengan timah panas pada jarak hingga 2,3 kilometer.



PK - 102
Senapan mesin yang mengerikan. Inilah predikat yang muncul saat pertama kali CIA memergokinya. Desainnya yang kaku, peluru yang berkaliber lebih besar, rate of fire yang tinggi dan suara tembakannya yang berdentum cukup membuat agen - agen negara NATO bergidik. Benar saja, tembakan PK - 102 dapat menembus 2 mobil sedan pada jarak 500 meter. PK - 102 dapat menjangkau sasaran pada jarak 3 kilometer. Senapan ini digunakan secara luas oleh pasukan khusus Rusia, Spetnaz.



M - 60
Senapan ini pernah dijuluki senapan babi pada era perang Vietnam. Penyakit - penyakit kronis yang cukup membuat orang geleng - geleng kepala menghinggapinya pada masa perang Vietnam. Penyakitnya adalah: M - 60 hanya dapat memuntahkan kurang dari 30 peluru setiap 2 menit, jika mekanismenya sudah mulai kepanasan senapan ini bisa menembak dengan sendirinya tanpa ditekan pelatuknya. Selain itu jika ditembakkan dengan rentetan panjang, komponen - komponen terluar senapan ini akan terlepas dengan sendirinya. Masalah baru hilang saat muncul varian M - 60E3.



FN - Mag
Senapan mesin pendukung berkaliber 7,62 x 51 mm NATO terbaik di dunia, begitulah kabarnya.
Predikat itu muncul berkat akurasinya yang tergolong jempolan pada tembakan tunggal yang mencapai jarak 2,5 kilometer. Teknologi Quick Change Barrel yang memungkinkan laras diganti dengan cepat juga menambah keunggulanya. Selain itu teknologi pendingin mekanismenya juga termasuk teknologi maju sehingga FN - Mag tidak cepat panas. Kelemahan FN - Mag hanya satu yaitu FN - Mag tidak nyaman ditembakkan dari bahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar